ragammedia.com – CEO Apple Tim Cook memperkenalkan 3 varian smartphone terbarunya untuk menandai perjalanan 10 tahun iPhone. Yaitu, iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Lalu, apakah perbedaan ketiga smartphone tersebut?

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus memang tidak begitu signifikan perbedaan nya dengan iPhone 7, hanya pada tampilan saja yang sedikit mebedakan. Namun perbedaan yang mencolok ada pada iPhone X, hilangnya tombol home dan layar yang memenuhi tampilan menjadikan iPhone X lebih menarik.

Pada iPhone X tidak ada lagi TouchID, pemindai sidik jari untuk autorisasi iPhone. Sebagai gantinya Apple memperkenalkan teknologi baru yang mereka sebut FaceID, walaupun sempat gagal mengenali wajah saat demo memperkenalkan teknologi tersebut.

iPhone X yang hadir dengan layar memenuhi tampilan depan.

Perbedaan juga terletak pada layar ketiga smartphone tersebut, iPhone 8 mempunyai layar sebesar 4,7 inci dengan resolusi 1334 x 750 pixel, iPhone 8 Plus mempunyai layar sebesar 5,5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 pixel, sedangkan iPhone X mempunyai layar sebesar 5,8 inci dengan resolusi 2436 x 1125 pixel. Untuk jenis layar yang dipakai iPhone 8 dan iPhone 8 Plus adalah panel IPS, sedangkan untuk iPhone X menggunakan panel OLED.

Kamera dari ketiga smartphone ini sedikit berbeda, untuk iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sama-sama menggunakan kamera depan 7 MP dan kamera belakang 12MP. Sementara untuk iPhone X menggunakan kamera depan 7 MP dan kamera belakang yang sedikit diperbesar yaitu 13 MP. Untuk iPhone 8 hanya menggunakan kamera tunggal untuk kamera belakang, sedangkan untuk iPhone 8 Plus dan iPhone X menggunakan kamera ganda untuk kamera belakangnya.

Untuk performa ketiganya ditenagai oleh prosesor Apple A11. Untuk iPhone 8 mempunyai RAM sebesar 2 GB, sedangkan iPhone 8 Plus dan iPhone X mempunyai RAM sebesar 3 GB.

 

SHARE